Translate

Tuesday, August 27, 2013

Suka Duka Mengurus Undangan

Lusa kemarin, saya curhat panjang lebar ke ses Dilla perihal undangan. Ehm...soal undangan ini sih saya menemui hal mengesalkan. Saya curhatin dikit nggak papa ya? Saya di puk-puk dong, ya?

Jadi duluuuu, saya lumayan sering denger curhatan dari temen-temen saya, "ih ya ampun masa si ini nikah aku nggak diundang sih padahal aku pikir kita deket ternyata aku salah sangaka ternyata hanya khayalanku semata aku sakit hati rasanya teriris huwaaaaaaa". Dan semacamnya. Padahal yah, kalau manten nggak ngundang itu pertimbangannya buanyak. Bukan cuma karena faktor nggak deket atau situ orangnya nyebelin, tapi juga masalah biaya dan konsep kawinan.

Kalau orang Jawa, kawinan itu bukan acaranya si manten, tapi acaranya orang tuanya manten. Meskipun misalnya duitnya dari si Manten, tetep aja unggah-ungguhnya, duitnya ya diserahkan semua ke orang tua untuk di gunakan mempersiapkan acara kawinan sesuai dengan keinginan orang tua. Calon manten boleh kok kasih saran. Tapi keputusan tetep di tangan orang tua.

Keputusan orang tua mengenai jumlah undangan itu juga nggak bisa sembarangan dong. Soalnya kan jumlah undangan itu berpengaruh juga sama konsumsi, kapasitas gedung, souvenir, dan lain-lain, yang mana berarti semakin banyak undangan semakin banyak pula biayanya. Makanya perihal undangan ini disesuaikan aja sama kebutuhan, kepantasan, dan yang penting kemampuan. Yang diutamakan pertama kali jelas undangan keluarga, terus kolega dari orang tua selaku yang punya hajat. Kalau temen manten mah, belakangan. Dikasih ya syukur, enggak juga ya udah sih kalau saya mah bisa party sendiri sama temen-temen.

Saya nggak keberatan dengan cara seperti itu, kan ini simbolisnya "terakhir kali" Bapak saya bikin pesta buat anaknya, dan "terakhir kali" ibu saya milihin baju, sepatu, dekorasi dan lain-lain buat anaknya :').

Soal undangan kawinan saya juga, semua itu terserah Bapak saya. Mungkin begitu juga di keluarga yang lain. Jadi jangan tersinggung kalau ada temen kawin dan nggak diundang. Jangan pundung dan kemudian marahan, tetep kasih selamat. Soalnya kalau pundung dijamiiinn bukannya dimintain maaf malah dicuekin balik deh. Kawinan itu udah ribet, masa masih harus ditambah ngurusin orang lain mutung?

Tapi untunglah Bapak saya baik banget, dan ngasih saya kebebasan untuk ngundang berapapun teman dan kolega saya. Asik yah! Bapak saya memang rock on! Tapiii lagi-lagi tapiiii, kalau di saya masalahnya bukan lagi jumlah undangan yang mepet, tapi ya kalau lagi ribet begini, kadang kan kita bisa lupa yah sama sesuatu. Termasuk misalkan lupa sama temen. Bukannya si temen yang dilupakan enggak penting atau enggak deket yah, tapi kalau otak lagi penuh gini, kadang malah hal-hal yang penting itu bisa kelewatan loh!

Contohnya aja kalau lagi pendadaran atau sidang skripsi nih. Temen saya banyak yang ngalamin pas sidang itu, pertanyaan penting, krusial, dan sudah dipersiapkan malah dia lupa jawabannya. Saya alhamdulilah nggak ngalamin begituan, soalnya pas saya sidang, saya nggak merasa stres. Biasa banget deh waktu itu dan lancar jaya. Tapi pas ngurus kawinan ini, saya agak-agak kepenuhan sih otaknya.

Terus yang menyebalkan lagi nih, saya kan lagi ngumpulin alamat temen-temen lama, yang udah tersebar di beberapa kota. Ada yang akrab ada yang setengah akrab ada juga yang nggak akrab tapi nggak enak kalau nggak diundang. Nah, saya harus tanya-tanya gitu dong alamatnya. Untuk keperluan mengirim undangan. Soalnya saya nggak suka ngundang via facebook atau email atau BBM. Eh...saya nggak papa lho kalau ada temen ngasih undangan via surel begitu. Kan malah irit. Cuma kebetulan saya pengennya ngasih undangan fisik. Gitu.

Awal Agustus kemaren saya mulai tuh ngumpulin alamat-alamat para kenalan. Via BBM, WA, Line, email, facebook dll. Ada beberapa yang begini:

Saya: "Hai, apa kabar? Aku boleh minta alamat kah? Mau kirim undangan nih :)"
Teman sebut saja Joko: "Oh..mau nikah ya?"
Saya: "Iya :)"

.....

1 jam kemudian

.....

1 hari kemudian

....

Oke, intinya percakapan berhenti. Nggak ada balesan lagi.

Ya sudah dong. Orang tersebut nggak datang kan kawinan saya tetep jalan. Jadi nggak perlu kan minta-minta lagi alamatnya? Lagi pula urusan saya kan banyak banget, bukan cuma ngurusin satu orang itu tok til. Terus saya juga pikir sih, mungkin orang tersebut nggak enak karena nggak bisa dateng. Mungkin dia udah di kota atau negara lain yang sangat jauh, jadi nggak mungkin bisa dateng. Terus dia kasian saya kalau harus kirim undangan padahal dianya nggak bakal dateng. Ya sudah kan?

NAH...SAYA PIKIR YA SUDAH!

Ternyata kemaren salah seorang teman saya, sebut saja Tejo, cerita via WA, kalau dia merasa bersalah. Katanya dia kemarennya lagi WA-an sama Joko, dan Tejo bilang kalau dia dapet undangan nikahan saya. Tejo tanya ke Joko, "kamu dateng nggak?" Terus Joko bilang dia nggak dapet undangan tuh. Joko bilang ke Tejo kalau dia merasa kecewa, dia pikir selama ini dia dekat sama saya, tapi ternyata Tejo dapet undangan dan Joko malah nggak dapet.

Ha? Bercanda?! Dan bukan cuma satu orang lho kasus seperti ini. Yang mana kemudian saya cuekin sih. Salah saya? Saya harus ngurusin satu orang aja gitu di nikahan saya?

Terus ada lagi yang begini, yang ini via telfon:

Saya: "Hai, apa kabar?"
Teman: "Baik. Kamu?"
Saya: "Mau ngasih kabar bahagia nih, aku mau nikah...
Teman: *memotong ucapan saya* "kirimin aku undangan lho. Aku nggak mau dateng kalau undangannya cuma lewat BBM atau fesbuk. Pokoknya harus undangan resmi."
Saya: ....
Teman: "Halo?"
Saya: "Emang saya ngundang situ?"

Blah!

Nggak kok. Ucapan saya yang terakhir cuma ada diimajinasi saya. Saya sih hanya menyudahi pembicaraan via telpon tersebut dengan sopan. Tapi ya saya mencoret namanya sih dari daftar undangan. Saya beneran cuma ngundang dia via BBM. Dateng syukur enggak juga saya tetep kawin :D.

Yah...masih banyak lagi suka duka mengurus undangan. Saya masih mending karena bapak saya baik dan mengutamakan undangan saya. Saya pernah denger curhatan beberapa calon manten yang cuma dikasih jatah sedikit undangan dan bingung banget milih mana yang diundang.

2 comments:

  1. mbaaaak, suka banget deh sama post yang ini
    aku juga lagi akan sedang ngurusin list temen2 yang mau aku undang di nikahanku
    emang bener kok tapi, mending jangan banyak2 mikirin omongan orang, capeeeeek nanti jadinya hahahaa
    padahal kit ajungkir balik ngurusin nikah, mereka juga gatau apa2 dan ga bantuin apa2 hehehee.
    thanks for posting ya mbaak, dan salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohooo...selamat bersibuk-sibuk yah :D
      Begitulah masyarakat. Kita mau gimanaaa aja ya tep bakal diomongin. Kan mereka punya mulut. Banyak. Hahahaaa..

      Salam kenal, mbak Rica ;)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...