Translate

Friday, October 24, 2014

Alasan Satu Sampai Enam & Apa Kata Sophia Latjuba


Salah satu online shop yang bekerja sama sama saya di blog sebelah bilang: "stress lu. Hobi kok pindahan!" Hahahaa... Iyee. Yang ngikutin saya secara nyata dua tahun belakangan ini memang hidup saya kelihatannya rubes. Super happy tapi rubes!

Bayangin aja, saya kan awalnya kerja di Jogja yah. Lalu tiga bulan sebelum nikah, saya resign dan pindahan gitu ke Solo, ke rumah orang tua saya. Saya di Jogja udah selama 10 tahun, dan udah ada rumah. Kebayang nggak tuh rubesnya kayak apa. Mindahin 10 tahun kehidupan saya. Belum lagi saya orangnya super rempong, agak susah kalau disuruh buang-buang benda-benda yang bagi saya punya nilai histori. Eh, bahkan disuruh ngebuang kardus bekas kosmetik aja saya susyeeee. Selalu yang diotak saya tuh, "duh, besok kalau butuh pegimane dooong?!"

Setelah 3 bulan di Solo, jadi anak mami lagi, kemudian saya diboyong ke Jakarta oleh suami saya. Lagi-lagi pindahan bok. Mindahin seluruh kehidupan saya ke Jakarta. Itu lebih rubes lagi, karena kali ini saya kan mau menetap. Kalau pas di Solo kan di pikiran saya, saya hanya sementara tuh, sampai nikah aja. Kalau yang di Jakarta ini entah sampai kapan, sampai suami dimutasi kali yaaa.

Awal di Jakarta, saya dan suami belum dapet rumah, jadi masih tinggal di kos suami, di daerah Tebet. Sekitaran 3 bulanan lah saya disono. Dan gara-gara ngekos ini saya dapet pelajaran berharga, orang jaman sekarang ternyata lebih mentingin gengsi dan pandangan orang lain dibandingkan dengan kenyamanan hidup! Atau bagi mereka, kalau kelihatan miskin dan nggak gaya itu sama dengan nggak nyaman ya?


Jadi ceritanya, beberapa orang nanya ke saya, "ih kok ngekos sih? Kalau belum dapet rumah yang cocok, kenapa nggak apartemen aja?" Saya sih nyantai menjelaskan alasan saya. Jujur aja saya dan suami itu agak nggak cocok sama apartemen. Ya kalau bisa, jangan apartemen lah. Alasannya adalah kenyamanan. Ya kalau kami bisa sewa apartemen yang tujuh puluh juta pertahun mah nyaman banget udah! Tapi kan kami belum mampu, neik. Lagian kami juga nggak be'ol duit. Oke, alasannya adalah:
  1. Dengan budget yang kami punya sekarang, kami bisa dapetin rumah yang sangat nyaman, layak, dan besar. Tapi kalau kami pilih apartemen, kami cuma dapet apartemen yang kurang begitu besar, dan biaya perawatan apartemen itu mihil perbulannya loh. Uang listrik, parkir, keamanan, kebersihan, pokoknya service cash lah. 
  2. Kami punya dua buah sepeda motor dan satu mobil, dan berencana nambah sepeda genjot dua bijik! Kalau apartemen itu udahnya kita harus bayar buat biaya parkir, masih ditambah seteres karena biasanya parkirannya penuh dan susah banget ya boookkkk cari tempat parkir :'(. Saya sih ogah tiap hari harus rela pusing puyeng cari parkiran.
  3. Kami udah liat-liat juga dong apartemen-apartemen yang memungkinkan. Dan rata-rata, ruangan yang disewakan itu nggak kena cahaya matahari. Kalau pun kena paling dikit. Udah gitu udara mengalir yang masuk juga dikit. Saya nggak suka sih yang begituan. Kayak tinggal di dalam gua, lampu harus nyala 24 jam perhari, nggak sehat, sumpek, dan terutama nggak ada spot yang pencahayaannya oke buat FOTD dan OOTD, karena cahaya terbaik buat pemotretan blogger amatir kayak saya adalah cahaya matahari #teteup.
  4. Saya tipe yang nggak demen sama laundry. Bukan masalah harganya ya. Tapi lebih manteb dan tau kalau bersih kalau nyuci baju sendiri. Paling laundry tuh buat sprei, bedcover, gorden, karpet, keset, dan gitu-gituan deh!
  5. Saya pengen untuk makanan utama sehari-hari, saya maunya masak sendiri. Ini waktu saya masih gadis saya nggak segitunya perhatian yah. Tapi sekarang saya punya suami, punya keluarga yang harus saya jaga kesehatannya. Saya pun pengen hidup sehat dan lama untuk mendampingi keluarga saya. Masak sendiri adalah salah satu cara mengontrol kebersihan dan kesehatan yang keluarga saya makan. Dan kalau masak di apartemen yang nggak ada aliran udaranya, mmmm.. rrrr....
  6. Saya pelihara kucing. 

Sebelumnya, saya nggak bilang kalau pilihan tinggal di apartemen itu jelek buat semua orang ya. Hanya saja apartemen memang kurang cocok buat lifestyle saya dan suami yang agak-agak kampungan ini (agak?). Tapi yah mungkin perfect buat situ-situ keluarga muda modern dan serba praktis. Cuma saya nggak cocok. Apalagi menurut saya nggak worth aja sama harga sewanya. Piye? :'(

Balik lagi ya kecerita soal saya. Jadi saya mendingan nunggu agak lama sampai saya dapet rumah yang memang cocok gitu. Daripada kesusu ambil bayar sewa setahun, eh baru dua bulan enggak betah kan nangis, Kakakkkkk.

Jadi pada suatu ketika ada satu orang yang nanya ke saya soal kenapa-nggak-apartemen ini. Dengan bersemangat dan berbusa-busa saya menjelaskan alasan saya yang dari nomor satu sampai nomor enem itu. Terus setelah selesai dia bilang: "iya sih, aku juga ngerasa begitu. Tapi malu kan kalau ditanya orang tinggal dimana, ngekos. Kalau jawab di apartement gitu kan enak."

MASYARAKAT!

Kalau dia ngomong soal Jakarta kekurangan lahan dan apartemen serta rumah susun adalah solusi yang tepat untuk permasalahan rumah penduduk sih oke lah ya. Saya malah akan bilang kalau dia cerdas. Tapi alesannya adalah GENGSI. Tapi siapalah saya ini. Saya kesel dikomentarin, makanya saya ya berusaha untuk nggak komentar balik. Saat itu.

Tapi berita yang beredar di luar sana adalah: saya kesulitan duit. Yang disebarkan oleh: si penanya yang gengsian tadih! Ya nggak masalah sih. Malah kebeneran. Nggak diutangin, nggak dimintain tolong macem-macem, kalau ada yang nikah di pulau atau kota yang jauh dan kami nggak hadir dimaklumi. Kan kame faker mesken, kakakkkk!

Soal apa yang saya jelaskan berbeda dengan apa yang beredar di luar itu udah kenyang banget saya alami. Mulai soal kenapa saya nggak "kerja" (karena difinisi kerja menurut orang-orang kolot kebanyakan adalah kantoran), dan kenapa saya belum kepengen hamil. Makanya ya sudah deh. FYI, suami saya kerjanya kan di industri otomotif ya. Jadi kalau ada yang begitu-begitu, mengutip kata Tami aja dah, "kan suami saya cuman monter!"

Saya jadi inget tuh kata mbak Sophia Latjuba, "orang sudah membentuk opini. Percuma saya mau menjelaskan apapun. Karena mereka hanya akan mendengar apa yang mau mereka dengar." Setuju, mbak Angel :D.

Oke, singkat cerita setelah 3 setengah bulan ngekos, saya dapet rumah kontrakan yang cocok. Pas itu saya sueneng bukan buatan! Gilaaaa, rumah idaman saya, dengan harga yang masih bisa kami jangkau! Rumahnya tuh gede, garasi luas cukup 2 mobil, 2 lantai, dengan 4 kamar yang besar-besar, kamar mandi dengan bathtub yang pewe, dan disainnya tuh saya banget ><. Cuma satu kekurangannya: JAUH! 1 jam perjalanan ke kantor suami saya. Itupun naik motor. Kalau pas dia kepengen naek mobil ya lebih nangis lagi. Saya pikir waktu itu, "oke, jarak ndak masalah. Suami capek biarin aja. Dan habis ini saya bukan faker mesken lagi!"

Tapi setelah setahun saya ngalamin berumah di rumah gededan oke tapi jauh ini, saya mulai lelah. Bukan sama omongan orang sih. Tapi gini nih:
  1. Ternyata saya nggak tega liat suami saya perjalanan jauh setiap hari. Apalagi kalau hujan. Bawaannya cemas mele.
  2. Suami saya jadi sering pulang malem karena kejebak macet atau nungguin macet reda. Sebagai istri saya merasa kesepian. Kasian ya :'(
  3. Bersihin rumah segede bagong tanpa pembantu itu rasanya: CAPEK! Alhasil tiap hari yang saya bersihin cuma halaman depan, dapur, kamar tidur utama, ruang kerja, kamar kucing, dan ruang makan. Sisanya kalau niat aja. Atau singkat kata: nggak keurus semua. Kasian rumahnya, cyin.
  4. LISTRIKNYA MAHAL.
  5. Suami saya lebih suka ngoprek-ngoprek motor di lantai bawah. Sementara saya lebih suka ngadem ngadep leptop di ruang kerja di lantai atas. Kok, saya ngerasa situasi ini kurang ideal ya buat pengantin baru unyu kayak kami. Pengennya sih walau beraktifitas sendiri-sendiri, tapi masih deketan gitu ruangannya. Kayaknya memang nggak cocok dengan rumah 2 lantai.
  6. Mmm...yang ini terserah percaya nggak percaya. Saya pun awalnya nggak percaya sampe saya gangguin ses Winda nanya-nanya soal ini. Rumah gede saya ini horor. Saya sering "digangguin" walau nggak gimana-gimana banget tapi saya nggak nyaman dan suka merinding bombay sendiri. Kalau ditinggal suami perjalanan dinas gitu, saya nggak berani bobok sendiri di rumah. Ya masa di rumah sendiri takut? Eh, saya padahal bukan penakut loh! Saya di Jogja udah biasa sendiri di rumah berhari-hari. Tapi entah ya, udah setahun dan saya masih belum terbiasa aja sama "aura" rumah ini.
Dan satu lagi nih yang mau saya ceritain, ini bukan alasan kepindahan ya, cuma lucu aja buat diceritain. Ternyata asumsi saya bahwa cap faker mesken tercabut begitu kami pindah ke rumah gede ini adalah salah! Ya tetep aja dihosipin. Ih mampunya cari rumah yang jauh (ember! Emang bener!), ih kok nggak dibeli aja sih rumahnya daripada kontrak cape bayar nggak dapet apa-apa (mbahmu! Sini sumbangin saya uang depe-nya!), ih kalau belum bisa beli rumah kok nggak nyewanya apartemen aja sih? (Ini teteup. Dengan ini saya menyatakan saya bencik apartemen. Makan tuh apartemen :D).

Memang bener yah, mau kita berbuat gimanaaaa aja, orang-orang tuh selalu ngemeng nyinyir! Capek banget dan resiko ambeyen akut kalau berusaha nurutin maunya orang-orang. Nurut kata Bapak saya aja deh. "hidup apa adanya. Nggak usah mikirin gengsi. Yang penting jujur dan nggak ngerugiin orang lain!" Siap, Bapak :').

Nah, karena alasan-alasan 1 sampai 6 diatas, kami memutuskan untuk pindah. Kebetulannya nih, kami dapet rumah mungil sekali yang deket dari kantor suami, 15 menit perjalanan ajah. Rumahnya sih bagi saya nyaman banget ya. Dan cukup banget buat saya dan suami yang masih berduaan. Tapi yaken deh, kemungilan rumah baru kami akan bikin kami yang semakin di anu-anu. Huahahhahaaaa...

Sana hosipin! Saya tak ndengerin. Siapa tau bisa buat bahan saya bikin novel :D.

8 comments:

  1. eh, radarku bener, hahahaa ada yang nyebut2 aku disini lol XD

    tapi emang bener ses, kasian suami kalau harus perjalanan jauh tiap hari :( apalagi ditambah bersihin rumah segede bagong sendiri hahahaa, kl udah punya anak lebih komplit lagi ses rempongnya.

    Perasaan baru diberesin, kok udah berantakan lagi. Baru dipel udah ada tumpahan susu hahahahaa bawaannya mau jadi jethro ajah *cakarnih*

    Good luck buat rumah barunya ya ses ^_~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun ses, aku lama nggak ngenet komennya pada numpuk di blog sebelah. Hakhak... Ini hari2 pertama dirumah baru malah sakit aku ses T.T. Yah semoga kedepannya baik lah ya..

      Iyaaa kebayang kalau punya anak. Ini punya anak kucing aja repot bangettt. Mereka kan juga tukang berantakin sesss.

      Hihi..makasih ya ses :3

      Delete
    2. waah, wajar komen numpuk, kan blog ses Arum femes hahahaa
      kecapekan beberes juga kali ya ses? makanya sakit >_< get well soon ya ses, salam dari Ming xia hihihiii

      Delete
    3. Sakitnya sariawan + panas dalam sesss. Masa kecapekan jadi sariawan ya? Hahaa....
      Uwaaaa salam balik buat Ming Xia ><

      Delete
  2. Mbak aku juga sering dirasani gara-gara tiap tahun pindah kosan.. pdhl mereka yg komentar kan gatau kondisi dan rencana berfikir kita.
    Beteeee kekiii sebeeeel dikomentari tanpa kita minta. Tapi dengan itu jadi latihan untuk tidak berbuat demikian ke orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalau nanyanya bae2 dan ga terkesan riwil sih oke ya, ses. Tapi....rghhhh!!
      Yup betul banget. Udah ngerasain diresehin, jadi kalau kita mau reseh ke org mikir2 sejuta kali dulu.

      Delete
  3. Salken Mbak Sekar...

    Saya baru tau mbak sekar pny blog pribadi selain review racun nya itu.. hohoh

    Tapi memang, mendengarkan komentar miring orang lain adalah hal yang paling malesin! Sotoy banget si looo.. hahhaha, kesannya paling tahu kehidupan kita aja gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ;)
      Hahaha...iya banyak yang nggak tau. Makasih ya sudah mau mampir.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...