Translate

Friday, April 27, 2012

Mendingan beli Barang Second daripada Barang KW!!! Say No to KW!

http://agendabandung.com

 
Ada yang tergila-gila garage sale disini?

Saya maniak garage sale :D.

Mungkin bagi sebagian orang, apalagi ceweq akan sangat "euuhh yeuk," *sambil meringis jijik* ketika mendengar kata garage sale. Bahkan salah seorang teman saya ada yang bilang, "kaya nggak mampu beli yang baru aja". Hmm..kalau memang nggak mampu, memangnya kenapa? :D

Saya cinta banget sama Fashion dan Make-up. Tapi saya nggak mau menjadi orang yang saking kecanduan sama sesuatu, sehingga mencurahkan sebagian besar uangnya untuk hal tersebut. Saya masih punya banyak kebutuhan lain, diantaranya saya harus menabung, kan? Saya punya cita-cita membina rumah tangga yang bahagia dan sehat bersama pacar saya :D. Dan itu tentu saja melibatkan proses pembuatan anak, memiliki anak, dan membesarkan anak. Anak butuh makan, biaya pendidikan, belum lagi kalau anak saya ternyata ketularan mamanya yang centil jadi pecandu makeup dan fashion ^^, akan makin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Membahagiakan anak juga cuma salah satu hal, masih banyak kebutuhan-kebutuhan lain. Itulah kenapa saya harus menabung, dan nggak mau menghabiskan terlalu banyak uang sekarang.

Tapi saya suka sekali baju-baju lucu itu. Dan makeup mahal juga :(.

Untuk bisa mendapatkan baju-baju lucu dan makeup mahal tapi masih on budget, saya kadang suka blogwalking ke beauty blog-beauty blog. Saya sering sekali menemukan barang-barang prelove atau second fashion item dengan kondisi yang masih sangat bagus (baru dipakai sekali dua kali), dengan harga yang sangat-sangat dibawah harga pasaran. itulah kenapa saya juga cinta dengan komunitas Beauty Blogger :). Selain blogwalking, saya juga suka jalan-jalan ke Flea Market-Flea Market di berbagai kota. Seringkali diantara tumpukan yang tidak terdisplay dengan baik ^^ tersebut, saya menemukan barang bagus, nggak jarang juga barang bermerk, dengan harga *ahem* sangat terjangkau.

Beberapa orang sih mengaku gengsi. Tapi gengsi kenapa ya? Beberapa orang yang mengaku gengsi beli barang di flea market itu malah memilih untuk memakai barang palsu atau KW (Pfffttttt...). Jujur, saya sih mending beli barang second daripada barang palsu. Saya lebih malu pakai barang palsu daripada pakai barang second. Karena dengan beli barang palsu (tas, baju, dan lain-lain), itu berarti kita nggak menghargai karya seseorang. Hal kecil saja, misalnya, kita marah kan kalau melihat tweet kita di copy paste oleh orang lain? Nah..itulah! Kalau yang kaya gitu aja marah, bayangkan aja kalau design tas atau baju kita di copy paste orang lain. Saya sih nggak mau mendukung tukang plagiat. Jadi, say no to KW. Mau KW 1, KW 2, KW 3, sampai KW super, tetep aja KW. Palsu!

Itu baru baju atau item fashion. Lha, kalau kosmetik? Selain nggak menghargai si pencipta asli, mau pakai kosmetik KW yang nggak jelas bahan-bahan yang terkandung didalamnya? Namanya KW pasti ilegal donk ya, nggak mungkin secara standart kesehatan sudah diverifikasi. Kalaupun ada nomor BPOM, sudah bisa dipastikan itu nomor BPOM palsu. Masih banyak sih kosmetik yang aman dan murah. Nggak perlu beli barang palsu. Lagian, masa cakep-cakep pakai kosmetik KW. Nggak jadi cakep ah, muka KW gitu :D *Jadi kalau saya ini, muka second? Abaikan*. Kalau nggak mampu beli kosmetik mahal, ya beli aja yang murah tapi jelas aman. Atau nungguin preloved juga nggak dosa sih. Jadi sekali lagi, say no to KW!

Dan terkadang saya berpikir-pikir nih, apa salahnya memakai barang second? Bukannya bagus ya? Mengurangi sampah industri yang kian hari semakin menumpuk dan membuat bumi kita nggak nyaman. Toh barang-barang yang dijual juga masih sangat bagus dan sangat layak untuk dipakai. Sayang banget kalau di buang kan?

Di luar negri, sebenarnya Garage Sale ini sesuatu yang biasa. Mereka melakukan itu karena nggak kepingin melihat barang yang masih bagus terbuang cuma-cuma, bukan masalah mampu nggak mampu beli yang baru. Kenapa harus membuang sesuatu yang masih layak dipakai? Cuma memang sih ya, orang Indonesia emang rata-rata gengsinya gede. Eits..jangan protes! Gengsi tinggi orang Indonesia itu nggak selalu negatif. Tapi untuk yang satu ini (masalah malu pakai barang second) menurut saya adalah sisi jeleknya.

Kalau mau jeli melihat sekitar, sebenernya banyak banget barang bagus second yang dijual. Dan juga banyak lho event-event yang mewadahi garage sale ini. Diantaranya event yang akan di buat oleh @LadiesDay_Event pada tanggal 10 Mai di Own Cafe Sagan, yogyakarta. Disana kita bisa melihat banyak barang yang lucu-lucu dan menarik, yang sangat sayang kalau dibuang. Saya juga akan berada di sana, lho ^^. Jadi mungkin kita bisa kopi darat dan ngobrol-ngobrol asik disana :).

Sampai ketemu di garage sale.. :D

8 comments:

  1. halooo :)

    kebetulan kemaren sempet maen ke Flea Market, kirain macam garage sale gitu, murah2 .. eeeeh malah nemu flat shoes 500,000 idr yg katanya asli. Mahal amat yah :(

    gw synthetic aja deh kalo yg asli harganya segitu .. di Flea Market pula :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. rrrr...iya yak mahal? Hahaha...
      Maksud aku asli disini lebih merujuk ke design sih, bukan bahan. Kalau bahan aku malah ogah pakai kulit asli, mbayangin hewannya yang dikulitin :'(.
      Kalau soal ogah beli asli karena mahal, kalau aku daripada beli KW mending beli merk yang lebih murah pasarannya, atau kalau nggak (khusus untuk fashion item lho ini, bukan kosmetik), sekalian beli yang no brand :D

      Delete
  2. aku juga sukaaaaa bgd garage sale....
    mbak'nya di jogja kan...
    favorite butik preloved stuff aq di jogja tu "green loose"
    ajib tu barang2 disana..murmer bgd.....

    ReplyDelete
  3. deket UPN...
    dari UPN ke barat sekitar 100meter-an pa y....(gag pnya penggaris bwd ngukur) hehehe
    pas di pinggir ring road kok..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...